Penyerapan Dana Desa


Realisasi penyerapan Dana Desa tahun 2018 mencapai 99%. Demikian cuit hari ini, Kamis tanggal 31 Desember 2018 dari Menteri Desa Transmigrasi dan Daerah tertinggal.

Di lingkungan pemerintahan penyerapan anggaran adalah salah satu tolak ukur kinerja lembaga. Tingginya penyerapan menunjukkan kinerja yang baik dari sisi anggaran. Penyerapan yang mencapai 99% menunjukkan kinerja yang nyaris sempurna dari sisi anggaran.

Di sisi lain penyerapan anggaran 99% menunjukkan bahwa desa desa di Indonesia mampu mengelola anggaran yang disediakan pemerintah pusat. Menunjukkan SDM yang berada di desa sanggup mengelola aktivitas birokrasi administrasi erta berbagai kertas kerja yang timbul dari pengelolaan anggaran. Mereka yang sanggup mengelola itu tentu mereka yang mengeyam pendidikan yang cukup di daerah masing masing.  

Hal ini menunjukkan banyak hal antara lain :

1. Wajib belajar yang di gagas sejak era orde baru telah menunjukkan hasilnya saat ini
2. Telah terbentuk kelas menengah intelektual di desa desa di pelosok Indonesia
3. Warga desa telah sanggup membangun dan menggagas program program yang tepat guna di tempat masing masing.

Selanjutnya Pak menteri juga mencuit bahwa, Pada tahun 2019 pemerintah mengalokasikan Dana Desa untuk pembangunan SDM & pemberdayaan ekonomi masyarakat desa.

Sedikit agak kontadiktif, dengan kenyataan bahwa SDM di desa sudah cukup berdaya secara umum. Kemungkinan maksudnya adalah pada tahun tahun sebelumnya dana desa banyak digunakan untuk hardware berupa pembangunan infrastruktur, saat ini di geser kearah software berupa peningkatan kapasitas masyarakat desa, serta peningkatan perekonomian masyarakat
Meski begitu menurut hemat penulis, pembangunan indrstruktur tetap dilanjutkan di desa desa. Justru agar pergerakan perekonomian di desa kian efisien. Pergerakan orang dan pergerakan arus barang menjadi semakin lancar. Sehingga dengan sendirinya perekonomian masyarakat akan semakin baik.

Perkara pembangunan SDM, sudahlah itu domaian kemendikbud saja. Kementrian desa tidak perlu terjun sendiri. Fokus aja bagaimana dana desa terserap sesuai dengan kebutuhan infrstruktur masyarakat di desa. Masih banyak jalan, jembatan, embung, PAUD, gedung olahraga yang mesti dibangun. Agar kehidupan desa semakin bergairah dan masyarakat menyaksikan hadirnya negara di desa desa mereka.



Previous
Next Post »
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Membangun Desa

BUMDES PENGELOLAAN SAMPAH DI DESA PAKSEBALI KLUNGKUNG

    PENDAHULUAN   Bebas Sampah adalah Tujuan dan Cita-Cita Pertumbuhan pesat di sektor industri pariwisa...